Rabu, 21 Desember 2016

Analisa Naik Turun Trafik Website Niche Pendidikan

naik turun suka duka blog niche pendidikan

Beberapa hari ini saya sering mengamati fenomena aneh dalam tampilan trafik jumlah visitor. Ternyata, naik-turunnya trafik selalu memiliki pola yang cenderung tetap. Jika kalian berencana membuat situs share niche yang menganut tema pendidikan, mungkin hasil analisa saya kali ini dapat membantu.

Hari Jumat, Trafik Cenderung Turun
Kemungkinan hal ini dipengaruhi oleh kondisi Indonesia yang sebagian besar penduduknya tergolong penganut agama islam. Aktivitas siang hari telah terganti oleh kegiatan shalat Jumat. Faktor lain juga karena sabtu dan minggu adalah hari libur bagi mahaiswa. Jumat adalah hari terakhir yang banyak dijadikan alasan untuk bermalas-malasan.

trafik turun jumat

Hari Minggu, Trafik Cenderung Naik dari 2 Hari Sebelumnya
Ini karena banyak pelajar mulai sibuk menyiapkan tugas PR mereka. Hari minggu adalah hari dimana ketegangan mulai kembali. Juga hari dimana semangat belajar tumbuh kembali.

trafik naik minggu

Meski kedua poin di atas cenderung berubah-ubah, sebagian besar trafik menunjukkan bahwa kedua pernyataan tersebut benar. Ada banyak faktor tidak bisa diduga yang dapat mengakibatkan perbedaan antara pola umum dengan kenyataan.

Juni-Agustus, Masa Terpuruknya Trafik
Hari libur panjang, tidak banyak orang yang memikirkan tugas. Semakin lama masa libur berlangsung, trafik akan semakin terpuruk. Demikianlah yang terjadi pada bulan-bulan tersebut. Tapi, utungnya ada beberapa pelajar rajin yang browsing untuk keperluan diluar sekolah, ya. :)

trafik terpuruk juni juli agustus

Demikianlah simpulan analisa trafik yang telah saya teliti. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dijadikan pertimbangan untuk memikirkan strategi jitu mengupayakan jumlah pengunjung tetap mendekati konstan, khusunya di waktu terpuruk mulai datang.
Load disqus comments

0 comments