Jumat, 11 April 2014

TCC (Tiny C Compiler), Compiler C Terkecil dan Tercepat


Umumnya pemrograman C menggunakan compiler Visual C++ Compiler, Borland C++ Builder, atau yang paling populer, GCC. Sementara itu, kompilasi menggunakan TCC masih belum dikenal oleh beberapa programmer C. Padahal jika diteliti, kompilasi dengan TCC jauh lebih cepat dibandingkan dengan kompilasi dengan compiler lainnya.

Ukuran TCC sangat kecil, sesuai dengan namanya TCC(Tiny C Compiler). Selain berperan sebagai compiler, TCC juga dapat melakukan linking. Jadi, compiler dan linker berada dalam satu file. Bukan hanya itu, TCC juga dilengkapi dengan assembler internal. Itulah mengapa TCC jauh lebih cepat daripada compiler lainnya. Selain karena dirancang secara minimalis, TCC juga dirancang dengan compiler dan linker yang dijadikan satu.

Menurut http://bellard.org/tcc/, kecepatan TCC jika dibandingkan dengan GCC sebagai berikut.
CompilerTime(s)lines/secondMBytes/second
TinyCC 0.9.22 2.27 859000 29.6
GCC 3.2 -O0 20.0 98000 3.4

Namun sayang sekali, sepertinya development TCC terlihat terganggu saat ini. Tapi, ini bukanlah suatu masalah karena TCC tetap tersedia gratis bagi para programmer C. Bagi kalian yang ingin bereksperimen dengan TCC, silahkan kunjungi link berikut untuk mendownload TCC langsung dari situs developernya :)
http://download.savannah.gnu.org/releases/tinycc/
* Untuk Linux dan Windows
Load disqus comments

0 comments