Rabu, 04 Desember 2013

Alasan Menggunakan Produk Bajakan


Secara garis besar, barang bajakan dapat diartikan sebagai barang yang didapatkan dari luar prosedur yang diperbolehkan. Produk bajakan dapat berupa apa saja, CD/DVD, barang elektronik, hingga yang paling umum dan sering kita temui di Internet adalah software. Ada banyak sekali alasan mengapa banyak yang memilih produk bajakan.

1. Harga murah
Tidak heran, produk dengan bentuk yang sama bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah. Mungkin karena alasan ekonomi atau alasan penghematan biaya banyak yang memilih produk bajakan.

2. Mudah didapatkan
Hingga saat ini banyak oknum yang berperan dalam distribusi barang bajakan, bahkan saat ini semakin meningkat. Dulunya barang bajakan mungkin hanya diedarkan secara sembunyi-sembunyi, tapi sekarang kita bisa menemuinya ditempat umum sekalipun, misalnya seperti di Mall.

3. Kualitas tidak jauh beda
Bentuk barang bajakan umumnya berwujud sama, mungkin yang membedakan hanyalah cover dan kemasan yang terlihat lebih buram. Secara umum barang bajakan memiliki keudukan seimbang dengan barang original. Kualitas antara kedua barang tersebut mungkin hanya berbanding 50:60.

4. Lemahnya sistem hukum
Walaupun pemerintah sudah menciptakan undang-udang yang melarang tindakan pembajakan, dan akan memberikan sanksi yang berat, masih banyak oknum yang masih tetap menjengkelkan. Hal ini karena lemahnya sistem hukum di negara tersebut, atau pasifnya peran pemerintah dalam memberantas produk bajakan.

5. Mengikuti tren
Setelah semua alasan diatas menjadi alasan bagi pengguna barang bajakan, akan ada sebuah alasan baru, yaitu mengikuti tren. Ketika barang bajakan sudah menjadi primadona di kalangan masyarakat, distribusi barang bajakan akan semakin meningkat dikarenakan bayak pengguna barang bajakan baru yang mengikuti tren di dalam masyarakat sekitarnya.

6. Tidak tahu
Alasan terparah yang mungkinakan dijawab oleh pengguna produk bajakan adalah "Tidak Tahu". Mungkin karena kemasan yang hampir sama, banyak yang salah memilih karena tidak bisa membedakan antara produk yang asli dengan yang bajakan.

Sekian... :)
Load disqus comments

0 comments