Sabtu, 06 Desember 2014

Cara Mudah Mengatasi Masalah Printer yang Jarang Dipakai


Belum lama ini saya punya printer, merknya adalah Canon tipe IP2700. Karena belum berpengalaman merawat printer, saat saya pakai tiba-tiba tintanya ngadat. Sepertinya printer tidak seperti beberapa alat elektronik lainnya. Semakin jarang dipakai, semakin awet :v
Memang benar, sudah lama saya jarang mendapat tugas makalah dari kuliah, jadi printernya jarang saya pakai. Tapi akhir-akhir ini jadwal saya ditimbun oleh kegiatan praktikum. Waktunya sangat tidak tepat, terpaksa saya mengeluarkan lebih banyak kocek untuk mencetak ratusan lembar kerja untuk praktikum. Setelah ada waktu luang, saya googling tentang cara mengatasi masalah printer yang jarang dipakai. Ternyata solusinya mudah gan :D

Tinta printer ini teksturnya agak kental, mirip lem, jadi logikanya kalau dibiarkan lama-lama kering.  Tapi tinta ini sedikit berbeda dengan lem, tinta ini mudah luntur saat terkena air dan panas.

Jadi, solusi untuk mengatasinya begini, gan. Copot cartridge printernya, lalu rendam dalam air hangat setengah panas, mungkin sekitar 60-80 derajat C. Tapi ingat, atur ketinggian air, agar tidak mengenai titik-titik pin di depan cartridge(warnanya kuning emas). Tunggu kira-kira 10-15 menit. Jika anda melihat air semakin keruh karena terkena lunturan tinta, jangan kawatirkan hal ini.

Setelah selesai, pasangkan kembali dan uji coba apakah printer dapat bekerja lebih baik, jika belum, coba rendam kembali sampai lancar seperti sedia kala.
Selamat mencoba :)
Load disqus comments

0 comments