Kamis, 22 Desember 2016

Ubuntu Software Center Tertutup Sendiri (Closed Unexpectedly), Ini Solusinya

Meskipun menginstall software baru dapat dilakukan secara manual melalui terminal, dengan apt. Rasanya tetap nyaman menggunakan software center. Selain karena tampilannya berbasis GUI dan praktis digunakan, melalui ini kita bisa melihat menu software secara lebih detail. Apa jadinya kalau software center tiba--tiba mengalami masalah?

ubuntu software center

Inilah yang baru saja saya alami. Ubuntu software center dapat dibuka normal, sih. Selang beberapa waktu, saya sepertinya harus menunggu data software yang masih keadaan diload. Tiba-tiba, cling. Seperti sihir, ia menghilang begitu saja. Berkali-kali saya coba buka kembali menghasilkan kondisi serupa. Sayapun mencoba eksekusi apt-get update, sambil berharap agar software center kembali seperti sedia kala. Ya, akhirnya berhasil.

Hanya sehari ia bekerja normal. Keesokannya, saya menemui masalah kemarin hari, seperti kisah lama yang terulang kembali. Sayapun tak berkutik, karena tak tahu sebab dan asal muasalnya. Muncul sebuah ide untuk menjalankan software center dari terminal. Sebelum menghilang tiba-tiba, di terminal saya menemukan pesan log aneh.

(ubuntu-software:2114): GLib-ERROR **: Creating pipes for GWakeup: Too many open files

Yang benar saja? Too many open files?
Jika memang terlalu banyak open files, mana mungkin saya bisa menjalankan program lain dengan normal. Ah sudahlah. Penyebabnya sudah diketahui, jadi saya bisa bertanya ke Google soal ini.

Dan, strike. Inilah jawabannya (https://ubuntuforums.org/showthread.php?t=2343602)

sudo apt-get install ubuntu-software -f

Alhamdulillah, masalah tersebut fixed. Entah apa gunanya argumen "-f" pada perintah tersebut. Yang jelas, saya berterima kasih pada Google dan Ubuntu Foums. :)
Load disqus comments

0 comments