Jumat, 13 Maret 2015

Inilah GNOME Builder, Software IDE Untuk Lingkungan Desktop GNOME

 
GNOME bukan hanya menjadi lingkungan desktop terbesar di Linux. Bisa jadi GNOME adalah pelopor desktop environment yang inovatif di lingkungan Linux. Sampai saat ini GNOME tetap aktif bekerja dan berkreasi untuk menciptakan desktop environment yang senyaman mungkin bagi user.  Seperti itulah pendapat saya tentang GNOME. :)

GTK Sangat erat kaitannya dengan lingkungan desktop GNOME. Sebagai widget toolkit defaut, perkembangan GTK+ akan menentukan bagaimana GNOME berkembang. Jika sebelumnya sudah ada Glade sebagai user interface designer GTK, maka sekarang GNOME akan mencoba mengembangkan software yang lebih dari itu. Software ini bernama GNOME Builder, atau cukup disebut Builder.


Builder adalah sebuah software Integrated Development Environment(IDE) yang dispesialisasikan untuk lingkungan desktop GNOME. Walaupun begitu, bukan tidak mungkin jika software ini dapat dijalankan pada desktop lain. Saat ini pengembangannya masih sedang dalam tahap awal dan pihaknya masih belum tahu kapan versi stabil akan dirilis. Sembari melanjutkan pngembangan, tim developer juga sedang melakukan kegiatan penggalangan dana untuk mendukung pengembangan fitur, yang direncanakan.
Adapaun beberapa fitur yang direncanakan dan sedang dalam tahap pengerjaan adalah sebagai berikut.
  • Project Management
  • Asset Catalog
  • Auto completition dan Indentation
  • Glade Built-In
  • Dll

Sepertinya GTK Builder tidak akan jauh berbeda seperti IDE lainnya. Tapi, yang membuatnya istimewa adalah fitur Glade yang sudah Built-in. Fitur ini memungkinkan proses desain user interface dapat dilakukan dengan mudah seperti layaknya Visual Studio.

Saya sudah tak sabar untuk menanti rilis stabil yang pertama. Harapannya, jumlah programmer GTK semakin meningkat dengan diciptakan software ini. :)
Anda juga tak sabar kan? Hmm, mungkin dengan sedikit bantuan donasi dari Anda, project ini bisa segera diselesaikan :)
https://wiki.gnome.org/Apps/Builder/Fundraiser
hehehe :)
Load disqus comments

0 comments