Jumat, 13 Maret 2015

Google Akan Menutup Google Code, Pemilik Blog Harus Waspada


Apa anda pernah menitipkan sendal dan sepatu di Google Code? Eh, maksud saya source code. :v
Jika anda bukan programmer dan merasa tidak pernah menghosting apapun, jangan santai dulu. Setahu saya, banyak template blogger yang menghosting javascript dan css di Google Code. Jadi, siap-siap aja deh ya..
Saran saya, coba telusuri link javascript atau css dari template Anda. Jika mengarah ke Google Code, segera unduh, cari hosting baru, dan ganti dengan link yang baru.

Kenapa Google menutup layanan ini?
Padahal Google Code adalah layanan yang masih sangat aktif digunakan oleh para programmer untuk menyimpan source codenya. Entah bagaimana nasib project-project ini nantinya. Tapi saya harap tidak akan ada masalah, karena setiap akun mendapatkan notifikasi melalui email. Google menyediakan waktu untuk membiarkan member berakomodasi atau memindahkan proyek mereka ke layanan lain, misalnya GitHub dan Sourceforge.


Menurut informasi yang berhasil saya peroleh, Google Code mulai hari ini tidak menerima pembuatan project baru mulai hari ini, namun proyek yang sudah ada masih bisa menerima pembaharuan. Selanjutnya, pada bulan Agustus kita tidak bisa lagi memperbaharui proyek. Namun, semua file masih bisa diakses dan diunduh hingga pada 26 Januari 2016. Karena pada tanggal itulah saat dimana Google benar-benar menutup layanan Google Code.

Berhentinya layanan Google Code bukan tanpa alasan. Alasan pertama, mungkin karena Google kalah bersaing dengan layanan lain. Alasan kedua, adalah karena pihak Google mendapati terjadinya peningkatan spam dan penipuan di layanan Google Code. Meningkatnya spam ini diakibatkan oleh banyaknya klien yang memindahkan proyek mereka ke tempat hosting lain.

Itulah kenapa alasan Google menutup Google Code dan kenapa hal ini berpengaruh pada pemilik blog. Kita berdoa saja, mudah-mudahan Google dapat merubah pikirannya, ya... :)
Load disqus comments

0 comments