Selasa, 26 September 2017

Berapa Trafik Minimal Untuk Daftar AdSense Dan Bisa Diterima?


Suntuk rasanya kalau sudah berkali-kali daftar AdSense tapi ditolak. Kebanyakan memang terjadi pada blogger yang belum lama terjun di dunia blog monetizing. Jadi, banyak pula yang curiga dan bertanya berapa trafik minimum untuk daftar Adsense agar dapat diterima?

Menurut pengalaman saya sendiri, sebenarnya tidak ada batasan minimum page views ataupun batasan minimum unique visitor agar dapat diterima Adsense. Bahkan, anda bisa diterima Adsense hanya dengan domain .tk ataupun domain gratisan lain. Hah, serius?

Iya, saya dulu mendaftar AdSense saat Komputoo masih memiliki domain TLD gratis .tk. Saya sebenarnya cuma iseng tanpa mempedulikan jumlah trafik agar dapat dipasang Adsense. Tapi saya senang karena keisengan saya berbuah manis. Komputoo diterima Adsense hanya dengan trafik sedikit, sekitar 100 PV/day.

Menurut salah satu sumber terpercaya, memang sama sekali tidak ada peraturan mengenai trafik minimum agar dapat diterima AdSense (link). Tapi, apa sih faktor terbesar yang mempengaruhi ditermi atau tidaknya pengajuan Adsense?

Secara personal, saya berpendapat bahwa faktor diterima tidaknya Adsense adalah konten, tampilan dan navigasi blog. Sebisa mungkin, blog harus terlihat professional. Ini bisa dilakukan dengan mengganti template blog berjenis magazine atau mirip situs berita. Jangan biarkan sidebar, navbar/menu dan footer kosong. Penuhilah menu di bagian-bagian tersebut. Meski kelihatan sepele, hal ini bisa membuat situs terlihat professional.

Mengubah gaya penulisan juga penting. Posting blog sebaiknya diusahakan untuk ditulis dengan bahasa sewajarnya, tidak terlalu banyak emoticon dan menggunakan EYD. Ini penting, karena proses review dilakukan secara manual oleh perseorangan yang ditugaskan dari Google. Jadi, agar blog terlihat menarik dan meyakinkan, buatlah situs blog anda lebih baik dari yang terbaik. Kita tidak tahu bagaimana standar kata terbaik bagi reviewer. Tapi, jika kita terus berusaha membuat blog kita terlihat sangat baik, besar kemungkinannya untuk dapat diterima AdSense.

Jangan senang dulu jika sudah diterima AdSense. Lihat nasib anda ke depan. Faktanya situs blog lokal Indonesia memiliki rate CPC/BPK rendah. Berapa BPK/CPC blog lokal? Hmm, miris, rata-rata tidak lebih dari Rp 600 per klik.

Diterima Adsense bisa jadi adalah kebanggaan. Tapi hanya semu jika blog ternyata memiliki trafik rendah. Jangan sampai ini menjerumuskan Anda ke dunia black blogging. Misalnya meningkatkan trafik dengan blog walking dan mengajak mereka meng-klik iklan Anda. Sangat tidak etis, rejeki tidak barokah dan merugikan orang lain.

Intinya, tidak ada syarat trafik minimum agar bisa diterima Adsense. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Syarat agar diterima AdSense dan bisa meraup dolar secara maksimum dari AdSense; secara garis besar adalah meningkatkan kualitas blog baik dari segi inernal(konten) maupun eksternal(tampilan). Bukan agar terlihat meyakinkan, lebih tepatnya agar pengunjung Anda merasa termanjakan. Otomatis hal itu bisa meningkatkan trafik dan penghasilan anda jika sudah diterima Adsense.
Load disqus comments

0 comments