Sabtu, 22 Oktober 2016

Arti Buffer Dalam Dunia Pemrograman


Saat awal mulai menggerakkan tangan, menulis serangkaian kode, kita sering menghadapi kesulitan. Salah satu sumber kesulitan tersebut adalah banyaknya istilah baru yang muncul dan lewat di telinga kita. Kita merasa asing dengan istilah itu, bahkan saat membuka kamus pun terkadang maksud dari kata itu seperti ngaco dan tidak relevan dengan masalah yang sedang kita hadapi.

Salah satu istilah ambigu dalam pemrograman adalah "Buffer". Jika diterjemahkan, arti kata buffer adalah "penyanga". Tentu di awal kita bingung, apa yang disangga? dan apa hubungannya dengan kode yang kita tulis?

Tidak perlu bingung, bahasa inggris mah gitu bahasanya. Kita tak perlu memahami artinya, tapi cukup mengetahui maksudnya. Jangan sampai salah mengartikan antara dua kata dengan interpretasi sendiri; seperti "tidak apa-apa" dan "no what-what" :v

Dalam pemrograman, buffer adalah sebutan untuk tempat penyimpanan data sementara. Seperti saat memutar video, video player akan mengalokasikan beberapa MB memori untuk menyimpan video dalam kurun waktu tertentu sebelum dapat diputar. Atau, ketika kita mengetik keyboard, semua karakter disimpan dalam memori yang telah dialokasikan; sebelum disampaikan ke monitor.

Mirip dengan data sementara. Tapi yang membedakan adalah, buffer digunakan menjadi media perantara. Itulah mungkin kenapa buffer disebut sebagai penyangga. Buffer seperti gelas; meski kita bisa minum langsung dari galon, lebih mudah jika diambil sebagian-sebagian melalui gelas.

contoh sederhana buffer dalam pemrograman adalah saat kita menggunakan scanf(). Buffer berperan untuk menyangga data hasil input, sebelum akhirnya diproses dan dicetak.

char buffer[200];
int main(){
    scanf("%s",buffer);
    strupr(buffer);
    printf(buffer);
}


Biasanya buffer diperlukan ketika sumber data kurang efektif untuk dibaca berulang-ulang, atau karena tidak mungkin untuk dibaca ulang, atau bia juga karena ada banyak sumber data sejenis yang harus dipilah-pilah. Namun disamping itu data yang telah terbaca harus diproses dengan frekuensi yang besar.


int
Load disqus comments

0 comments