Senin, 15 September 2014

Inkscape : Software Paling Tepat Untuk Membuat Animasi Game


Membuat game awalnya sangat membingungkan, karena banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Salah satu hal yang awalnya membuat kita ragu adalah memilih software untuk membuat animasi sprite. Saya pun juga demikian, tapi saya beruntung karena saya telah menemukan software yang tepat untuk membuat animasi game saya.


Menurut saya, memilih software untuk membuat animasi sprite game perlu memperhatikan hal-hal berikut..

1. Format gambar
Menurut saya, software pembuat animasi untuk game yang bagus adalah software yang mendukung format Portable Network Graphic(PNG) secara menyeluruh, karena format gambar PNG yang didukung secara menyeluruh membuat gambar yang kita gunakan terlihat halus.
2. Lengkap
Kata lengkap sebenarnya relatif, tapi kriteria apakah software tersebut free, dapat menjadi nilai tambah.
3. Desain vektor atau bitmap?
Ya, kalau boleh memilih, keduanya bisa, tapi yang paling utama adalah software desain grafik vektor.

Dari ketiga kriteria di atas, saya menemukan beberapa software dan mencobanya satu per satu:
Co**l draw : Fiturnya lengkap, namun sayang, ini bukan free software. Format PNG di dukung, tapi tidak sepenuhnya, bisa dilihat, bagian gambar kurang halus dan bagian pinggirnya terlihat banyak noda, sehingga nampak kurang realistik.
G**e Maker's sprite editor: Sempurna, format PNG didukung sepenuhnya, namun sayang desainnya mirip dengan M****soft Paint, sehingga saya agak merasa kesulitan. Selain itu, saya hanya berorientasi pada GameEditor, jadi saya agak kerepotan membuka tutup program ini.
InkScape: Em, sempurna. Saya kira tidak perlu saya jelaskan, software inilah yang tepat untuk membuat sprite sesuai dengan semua kriteria. Ya, walaupun agak sulit, tapi saya puas dengan hasilnya, karena saya lebih mempriorotaskan kualitas gambar yang bersih.


Langkah Membuat Animasi Sprite di Inkscape
Pertama, atur dimensi kotak,yaitu panjang(W) dan lebar(H) kotak, usahakan dalam bentuk bilangan bulat(tanpa koma). Selanjutnya pastikan kotak tersebut dalam posisi X=0 dan Y=0. Jika sudah, gambarlah frame pertama dalam kotak tersebut.

O, iya. Atur juga kotak tersebut, agar backgroundnya transparan(none).




Jika frame pertama telah dibuat, frame kedua akan jauh lebih mudah lagi. Cukup duplicate(copy/paste) kotak sekaligus gambar di dalamnya ke posisi berikutnya. Contohnya seperti gambar berikut…


Terserah bagaimana mengatur agar gerakan gambar terlihat nyata. Yang terpenting adalah posisi penempatan kotak.
Jika sudah, seleksi semua kotak. Ingat, hanya kotaknya saja!
Contohnya seperti gambar berikut ini...

Dan selanjutnya atur outline/stroke agar transparan/none..

Nah, kita sudah mendekati tahap akhir. Tahap akhir itu adalah ekspor. Yaitu melalui File -> Export. Jika merasa gambar terlihat terlalu besar, kita bisa merubah Width dan Height pada kotak dialog export, tanpa harus takut kehilangan kualitas gambar..

Ini dia hasilnya. Setiap pixelnya terlihat halus dan sempurna :v

Bahkan saat dipakai dalam Game Editor pun tetap terlihat jernih.. :)

Bagaimana? mudah kan?
Tidak semua yang berkualitas itu harus mahal. Cukup pakai Inkscape, kita bisa membuat sprite dengan kualitas sempurna, tanpa harus membeli atau membajak softwarenya. Hehhehe
Selamat mencoba :)
Load disqus comments

0 comments