Senin, 23 Februari 2015

Mengatasi Problem with MergeList di Ubuntu


Barusan saya mendapat pesan error seperti pada screenshot di atas. Tidak tahu awal mulanya bagaimana. Saat pertama menghidupkan laptop dan mencoba menginstall program dengan apt-get, tak seperti biasanya. Yup.., muncul pesan error. Tepat setelah itu saya mendapati sebuah icon error di system tray. Pikir saya, ada opsi yang salah di Ubuntu software center. Saat saya buka, ummm, not responding, lalu beberapa waktu kemudian tertutup diikuti pesan message box error seperti biasa :p

Kira-kira seperti inilah error yang terjadi saat saya mencoba menginstall program

Saya coba buka file tersebut dengan gedit, rupanya memang isinya agak berbeda seperti biasa. Di antara teksnya ada yang tidak asing bagi saya, "IWIS hotspot login". :D
Kemungkinan besar ini terjadi karena saya mengeksekusi "apt-get update" saat terhubung wifi. Beberapa layanan wifi berbayar akan mengarahkan link apapun ke login page saat kita belum login. Saya yakin itu penyebabnya. Tapi kapan? Hmm, o iya semalam saya ketiduran dan lupa matiin laptop.... :v
Mungkin secara tak sadar saya membuka terminal :v bisa jadi... :v

So, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.
Awalnya saya coba hapus file yang dianggap error tadi, lalu saya ketik "apt-get update" di terminal, ternyata tak ada efeknya.
Saya langsung menyerah, langsung search di google :v
Dan inilah solusinya:

sudo rm /var/lib/apt/lists/* -vf
sudo apt-get update

Cara ini saya temukan di urutan paling atas, setelah saya coba langsung berhasil. Wow, saya beruntung sekali...
Sebagai rasa syukur saya, saya memutuskan untuk post masalah ini di blog agar bisa membantu orang lain yang mengalami masalah serupa. Hehehehe :D
Load disqus comments

1 comments: