Jumat, 28 Juni 2013

Tips Menghemat Kuota Internet


Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga,  tarif internet di Indonesia masih tergolong mahal. Tarif ini rupanya tidak sebanding dengan kecepatan yang bisa didapatkan. Salah satu penyebabnya adalah karena tingginya pengguna internet di Indonesia. Hal ini juga membuat beberapa provider menyediakan paket internet dalam bentuk kuota daripada unlimited. Faktor lain, anda bisa membacanya pada postingan Faktor Penyebab Internet di Indonesia Lambat dan Mahal.
Karena rata-rata internet kuota lebih murah, tidak ada salahnya jika anda lebih suka memilih opsi ini. Memang ini membuat kita rugi dalam hal kualitas internet. Tapi, anda tentu tidak ingin merugi lagi dalam hal tarif internetnya. Sehingga anda perlu membaca Tips Menghemat Kuota berikut agar kuota yang anda beli tidak cepat habis.
1. Aktifkan Pop-Up Blocker
Dengan mengaktifkan pop-up blocker, kita tidak perlu lagi mengurangi kuota untuk menampilkan jendela pop-up.

2. Berlangganan RSS pada Situs Favorit
Dengan fasilitas ini, kita dapat mengetahui update dari situs tersebut tanpa harus mengunjunginya.

3. Berhenti Menampilkan Gambar
Konten yang paling sering dipakai dalam situs adalah gambar. sebuah gambar rata-rata memiliki ukuran lebih besar daripada teks. jika anda melakukan aktifitas browsing yang tidak memerlukan gambar, ada baiknya untuk tidak menampilkannya. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan konten browser anda(Setiap browser berbeda).

4. Nonaktifkan automatic Update
Setelah dinonaktifkan, anda tidak perlu takut lagi program memakan kuota anda untuk proses update.

5. Tutup Program yang Tidak Diperlukan
Beberapa program biasanya melakukan komunikasi dengan server tanpa meminta konfirmasi dari kita. Bahkan beberapa jenis program juga melakukan update secara sembunyi-sembunyi. Selain menutup program yang sedang tampil, anda juga perlu menutup program yang berjalan dalam background. Biasanya program semacam ini terdapat dalam group tray icon, dan dapat dihentikan dengan cara klik kanan - > Exit.

6. Scan Sebelum Browsing
Saat ini virus dapat beraksi tanpa kita ketahui. Bisa saja, mereka menggunakan kuota kita untuk mengupdate dirinya.

7. Menonaktifkan Koneksi Saat Membaca Teks Panjang
Menurut observasi saya, terbukti bahwa situs yang kita buka melakukan komunikasi dengan server dalam jangka waktu tertentu. Jadi, jika anda sedang membaca artikel yang panjang, anda akan lebih baik menonaktifkan koneksi anda untuk sementara, lalu mengaktifkan kembali setelah selesai. Tidak hanya saat membaca. Jika anda punya blog, dan menggunakan modem untuk koneksinya, nonaktifkan juga ketika anda sedang menulis postingan.

Demikianlah Tips Menghemat Kuota Internet dari saya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda... :)
Load disqus comments

0 comments