Rabu, 18 Februari 2015

Install Cinnamon di Ubuntu


Pengguna Linux Mint yang mencoba sensasi Ubuntu mungkin akan rindu dengan Cinnamon. Saya adalah salah satunya. Meskipun Linux Mint bukan distro kesukaan saya, namun sensasi desktop Cinnamon selalu membuat saya teringat :v
Saya berpikir, daripada berpindah lagi ke Linux Mint, kenapa saya tidak install Cinnamon saja? Segera saja saya membuka Terminal dan saya ketikkan "sudo apt-get install cinnamon". Jangan tanya apa yang terjadi... :3

Yup, ternyata tidak bisa...

Sebelumnya saya mencoba GNOME, XFCE, MATE dan LXDE. Namun tidak ada yang greget bagi saya :v

Akhirnya saya coba browsing, dan inilah cara yang harus saya lakukan untuk menginstall Cinnamon di Ubuntu:

sudo add-apt-repository ppa:gwendal-lebihan-dev/cinnamon-stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install cinnamon

Dan, ini dia desktop saya... Keren kan? keren kan? :v



Yang membut saya suka Cinnamon adalah tampilan Start Menu nya yang elegan. Meskipun unity lebih keren, Cinnamon memiliki taskbar yang memudahkan saya melakukan navigasi program dengan mudah. Selain itu konfigurasi desktop Cinnamon juga mudah, kalau menrut saya. Sampai saat ini, ada satu hal yang saya kurang suka dari Cinnamon. Setelah login, butuh waktu sekitar 30-50 detik untuk memulai Cinnamon. Walaupun begitu saya tetap pasang Cinnamon selama lebih dari 1 bulan ini :D
Bagaimana dengan Anda?
Load disqus comments

0 comments