Kamis, 17 April 2014

Hey, Windows 8.1 Datang : Upgrade? [PIKIR LAGI]


Sebelum membaca lebih lanjut, saya sarankan Anda agar tidak terlalu tertarik melihat postingan di blog-blog  tentang fitur-fitur Windows 8.1 baru. Ingat jika usia Windows 8.1 masih sangat muda.

Pengalaman suram saat instalasi sistem operasi sepertinya terulang kembali. Karena minimnya pengetahuan tentang komputer, saya tidak tahu kalau keseringan memformat harddisk dapat berujung pada kerusakan. Bahkan, dulu saya pernah berkali-kali merusak harddisk karena keseringan install ulang. Setelah tahu hal ini berdampak buruk, saya akhirnya dapat mengambil pelajaran dari pengalaman dulu ketika melakukan instalasi. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya pengetahuan dan rasa ingin tahu saya, saya akui, saya masih tetap sering melakukan install ulang. Dan yang menjadi objek eksperimen saya sebagian besar adalah sistem operasi berbasis GNU/Linux.

Kemarin, kampus saya sempat ada promosi Microsoft DreamSpark . Lumayan lah, bisa dapat OS original, walaupun lisensinya hanya terbatas 1 tahun :D
Saya mencoba mengajukan permohonan Windows 8.1 Enterprise 64-bit. Saya pikir dengan memilih versi paling baru, performa dan tampilannya akan lebih baik dari Windows yang sedang saya pakai (Windows 7). Tapi tampaknya bayangan saya berbeda jauh dengan yang saya harapkan.



Tampilan dan fitur Windows 8.1 tidak berbeda jauh dengan Windows 8. Perbedaan yang paling menonjol adalah keberadaan Start Button di pojok kiri bawah seperti OS windows yang sudah dirilis pada versi-versi sebelumnya. Selain itu, yang menarik dan belum pernah saya temui di Windows 7 adalah adanya beberapa tambahan aplikasi yang entah apa namanya(ada di start menu). Sayangnya untuk penambahan aplikasi, instalasi harus dilakukan secara online melalui Windows Store. Saat itu juga saya langsung memenuhi menu saya dengan banyak aplikasi. Hmmm, downloadnya lumayan lancar, sih, tapi ada sedikit masalah juga. Terkadang muncul pesan pending beberapa kali, lalu beberapa saat kemudian error :(
Padahal koneksi di kampus saya pas malam saya coba normal, seperti biasa, kecepatan download 2 Mbps!


 Semua aplikasi lancar dijalankan. Tampilan juga oke. Setelah puas, saya memutuskan untuk pulang ke kost dahulu dan melanjutkan eksperiment selanjutnya di esok hari.

[BEBERAPA HARI KEMUDIAN]
WTF! Semua aplikasi error! (lihat video di bawah)
yang bisa dijalankan hanya SkyDrive dan Image viewer saja :(
Setelah saya browsing-browsing saya mencoba setiap situs untuk membantu memperbaiki permasalahan ini. Saya coba update, atur beberapa settingannya, lewat command, dsb. Tapi apa boleh buat? Berhari-hari saya sudah berusaha tapi hasilnya NIHIL!
Akhirnya saya memutuskan untuk menginstall ulang Windows 8.1. Kali ini lebih parah lagi, belum lewat 1 hari, setelah saya mengisi beberapa aplikasi seperti Ms. Office, Archiver, dll, masalah itu timbul lagi. -_-
Saya bingung sampai sekarang, geleng-geleng kepala, putus asa, pengen downgrade balik ke Windows 7, tapi kasihan harddisknya T_T
Ternyata, setelah saya mengusut permasalahan ini, saya mendapatkan informasi dari banyak situs, bahwa Windows 8.1 memang menyimpan BANYAK BUG!! F*ck!!


Bagaimana dengan anda? Apa anda yakin ingin upgrade ke Windows 8.1? Atau anda sudah terlanjur merasakan bugnya? :p
Atau mungkin kalian punya solusi yang paling tepat untuk memecahkan bug pada Windows 8.1, silahkan share... :)
Load disqus comments

0 comments