Minggu, 16 Maret 2014

Asyik, DreamSpark Datang ke Indonesia !


DreamSpark adalah program dari Microsoft yang mendukung pendidikan teknis dengan menyediakan akses  gratis untuk software-software Microsoft untuk tujuan edukasi dan penelitian.
Setelah mendaftar, anda bisa mendapatkan lisensi secara gratis untuk software berikut:
  • Access
  • Groove
  • InfoPath
  • OneNote
  • Project
  • SharePoint Designer
  • Visio
  • Windows 7
  • Windows 8 dan Windows 8.1
  • Windows MultiPoint Server
  • Windows Server
  • Windows Vista
  • Visual Studio
Tapi sebnarnya saya sedikit menyayangkan, DreamSpark tidak menyertakan Microsoft Office dalam programnya tersebut, padahal kegunaan Microsoft Office saat ini sudah menjadi kebutuhan utama mahasiswa.
Hingga saat ini, sudah banyak sekali sekolah dan universitas yang telah bekerja sama dengan Microsoft untuk menggalangkan program DreamSpark. Termasuk di Indonesia sendiri, perguruan tinggi besar seperti UI, ITB, dan UB juga telah bekerja sama.
Pengalaman saya di kampus tercinta, Universitas Brawijaya, program DreamSpark tersedia bagi semua kalangan mahasiswa, namun jumlah lisensi yang diberikan ternyata masih dibatasi. Entah bagaimana mekanisme kerjasama antara Microsoft dengan pihak universitas. Melihat lisensi yang terbatas, keungkinan besar pihak universitas sepertinya harus membayar biaya administrasi ke pihak Microsoft untuk menggalangkan program ini. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengajukan formulir ke bagian PPTI UB untuk mendapatkan Windows 8.1 Enterprise dan Visual Studio 2010 Ultimate. Keesokan harinya saya melihat inbox email saya mendapatkan kiriman kode lisensi software yang saya minta dari PPTI UB.




Mudah-mudahan, dengan adanya program DreamSpark di Indonesia, pendidikan berbasis IT dapat berkembang secara maksimal :)
Load disqus comments

0 comments