Senin, 11 September 2017

Mengatasi Tulisan Posting Berantakan Jika Di Copy Dari Microsoft Word

Sesekali menulis posting tidak harus saat sedang terkoneksi internet. Bahkan akan lebih baik jika ide tulisan segera dituliskan saat masih semangat. Tidak melulu menunggu koneksi internet. Kita bisa mengetik langsung draft ide artikel yang ingin dipublikasikan dari Microsoft Word.

Akan tetapi ada sedikit masalah yang sudah biasa kita rasakan jika melakukan metode demikian. Yaitu, format posting menjadi berantakan, dan beberapa kali muncul kode yang tidak jelas.

Untuk mengatasi permasalahan ini ada beberapa macam solusi yang bisa anda coba agar posting blog yang dicopy dari word tidak berantakan.

1. Paste Dulu Di Notepad
Sebelum di-paste ke blogger, sebaiknya tulisan di-paste di notepad terlebih dahulu. Dengan cara ini, tulisan anda akan berubah ke format plain text yang bebas kontaminasi kode internal Microsoft Word.

2. Menggunakan HTML Cleaner
Solusi yang kedua ini bisa dilakuan lebih mudah daripada solusi pertama. Cara pertama mengharuskan kita memformat ulang tulisan(menebalkan, memiringkan, mengubah size, dll). Dengan cara ini, hal semacam itu tidak lagi harus diperlukan.

Contoh situs HTML cleaner antara lain:
https://word2cleanhtml.com
https://html-cleaner.com
https://wordhtml.com

3. Menggunakan Software Platform Blogging Windows Live Writer
Lupakan Microsoft Word. Metode ini bisa jadi adalah yang paling efektif dan efisien. Windows Live Writer adalah software platform untuk blogging yang mendukung platform blogging yang saat ini mayoritas banyak dipakai, misalnya Wordpress dan Blogger. Dengan software ini, anda akan mendapatkan pengalaman ngeblog dilengkapi editor WYSIWYG. Saat menulis, anda tidak harus langsung terhubung internet. Anda bisa menulis draft saat offline dan mempublikasikan saat tersedia internet.


Yak, sampai disini tips yang isa saya sampaikan terkait cara mengatasi posting blog berantakan ketika di copy-paste dari Microsoft Word. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Load disqus comments

0 comments