Sabtu, 18 Juni 2016

Cara Aman Mengatasi Sistem Linux Hang / Freeze

Komputer mempunyai batasan kapasitas tertentu, yang erat kaitannya dengan spesifikasi hardware yang terpasang pada komputer tersebut. Jika melebihi ambang wajar, tentu kita merasakan bagaimana program kian menurun performanya. Dan jika terus dipaksa, abra kadabra, komputer sama sekali tak merespon yang kita perintahkan. Kita biasa menyebut peristiwa ini dengan sebutan hang atau freeze.



Sebenarnya, bukan hanya jumlah program yang dapat memicu timbulnya hang. Kerusakan hardware, seperti harddisk, juga sering kali menjadi salah satu akar penyebabnya. Tapi, secara umum, hang memang lebih sering ditimbulkan oleh software.

Saat hang, biasanya kita berusaha menutup program dengan menekan icon close di bagian pojok atas. Jika belum berhasil, buka terminal dan mengeksekusi xkill atau killall. Beda lagi urusannya, kalau hang-nya sudah parah, sampai-sampai mouse dan keyboard sama sekali tak bisa merespon.

Apa yang harus kita lakukan? Menekan tombol power? Ya, itu dulu, tapi sekarang jangan lagi. Cara tersebut dapat sangat beresiko, pada kerusakan sistem. Bahkan paling parah bisa berimbas pada kerusakan hardware. Dalam hal ini, mungkin harddisk adalah salah satu media yang paling rentan.

Selama ini Linux mengenal magic SysRq key. Kernel dapat segera memprioritaskan task untuk memproses kombinasi keyboard, jika yang salah satunya adalah tombol SysRq. Untk informasi lebih lanjut klik disini. Salah satu fitur yang disediakan dari kombinasi keyboard tersebut adalah safe reboot. Ini sangat bermanfaat ketika sistem benar-benar dalam keadaan hang dan tak bisa melakukan apapun. Caranya
1. Tekan Alt + PrtScr/SysRq
2. Sambil tetap menekan kedua tombol tersebut, Ketik R-E-I-S-U-B secara berurutan.
3. Komputer akan reboot.

Kenapa harus REISUB, bukan BUDIONO? Entahlah, penulis belum tahu-menahu soal sejarah adanya kombinasi tombol ini. Menurut Wikipedia, kata REISUB merupakan akronim yang memiliki beberapa makna, yaitu:
unRaw       (take control of keyboard back from X),
 tErminate  (send SIGTERM to all processes, allowing them to terminate   gracefully),
 kIll       (send SIGKILL to all processes, forcing them to terminate immediately),
  Sync      (flush data to disk),
  Unmount   (remount all filesystems read-only),
reBoot.



Load disqus comments

0 comments