Senin, 04 Januari 2016

Cara Memperbesar Kapasitas casper-rw di Ubuntu

http://www.omgubuntu.co.uk/wp-content/uploads/2014/04/UBN00216-1.jpg

Harddisk saya mengalami masalah serius, jadi tidak banyak pilihan yang bisa saya ambil. Mengunakan distro live CD adalah pilihan awal saya. Dengan cara ini saya mencoba memilih Ubuntu untuk dijalankan secara live, tanpa harddisk. Sayang sekali, media ini relatif kurang interaktif bagi saya. Membuka aplikasi terasa seperti biasa, tapi sebelumnya saat booting terasa agak lambat.

Jadi saya menggunakan Universal USB installer untuk menjalankan Ubuntu secara live dari flashdisk. Meski terasa lebih cepat, ada satu masalah yang tidak begitu saya sukai, yaitu media penyimpannanya bersifat temporary. Meski kita bisa mendownload file dan menginstall aplikasi baru, semuanya terbatas pada kapasitas RAM, buruknya lagi semuanya akan hilang setelah shutdown atau restart.

Dengan berat hati saya mulai mempertimbangkan untuk menginstall Ubuntu ke flashdisk saya satu-satunya. Tapi apa daya, semua file penting saya disini, untuk menginstall Ubuntu, flashdisk harus memiliki filesystem EXT2/3/4. Otomais flashdisk ini nantinya tidak bisa diakses sistem operasi Windows. Jadi saya mulai mencari alternatf lain, yaitu dengan persistent-changes file.

Dengan persistent-changes, semua perubahan dalam live-system akan disimpan dalam file virtual disk, nama filenya adalah casper-rw. Awalnya saya mengalokasikan casper-rw sebesar 1 GB, melalui opsi Universal USB Installer, namun tak berselang lama kemudian, semua space tersebut mulai menipis. Jadi saya mulai berpikir untuk memprsesar kapasitas file tersebut.
dd if=/dev/zero bs=1M count=512 >> casper-rw

Command di atas membuat file casper-rw bertambah sebesar 512 MB, jadi totalnya, sekrang 1,5 GB. Namun ternyata cara ini tidak berhasil, mungkin karena metadata dalam file tersebut masih menunjukkan ukuran file sebesar 1 GB, jadi perlu suatu cara untuk mengubah metadata tersebut. Berikut ini cara yang saya lakukan.
1. Boot ubuntu live tanpa casper-rw/persistent changes
2. Flashdisk yang dipakai biasanya di mount di folder /cdrom secara read-only. Jadi kita harus melakukan remount untuk mengaktifkan read-write, agar kita bisa mengakses file di dalamnya.
- check device yang dipakai, lihat dengan mount
- Remount device dengan command : mount -o remount,rw <device> /cdrom


3. Masuk ke direktori lokasi casper-rw, disini lokasi casper-rw saya berada pada /cdrom/multiboot/ubuntu-14.04.3-desktop-i386.
4. Setelah itu, baru kita bisa mulai dengan memperbesar ukuran casper-rw, misalnya kita ingin menambah ukurannya 512 MB
dd if=/dev/zero bs=1M count=512 >> casper-rw

Hati-hati, jangan sampai salah ketik, ya!

Casper rw sudah bertambah 512-MB, namun ruangan baru tersebut masih belum bisa dipakai sebelum kita mengubah metadata.

5. Masih dalam direktori lokasi casper-rw, ketik:
gparted casper-rw
 

6. Klik menu partition->Check
7. Klik menu Edit->Apply all operations
8. Selesai..
Load disqus comments

0 comments