Selasa, 16 Desember 2014

WPS Office : Alternatif Microsoft Office untuk Linux


Bagi para imigran yang beralih dari Windows ke Linux, mereka sepertinya merasa berat jika harus turut beralih dari Microsoft Office. Banyak alasan yang membuat pengguna komputer memilih untuk menggunakan Microsoft Office. Beberapa di antaranya adalah karena Microsoft Office lebih mudah digunakan dan tampilannya menarik, sehingga pekerjaan akan lebih cepat dan nyaman.

Menghindari barang bajakan adalah satu dari beberapa alasan yang dipilih imigran untuk memilih Linux. Akan tetapi niat ini masih terkendala oleh kurangnya informasi tentang perangkat lunak pengolah kata alternatif di Linux. Biasanya sistem yang terinstall di Linux sudah menyertakan perangkat lunak perkantoran, umumnya LibreOffice dan OpenOffice. Walaupun fiturnya sudah selengkap Microsoft Office, namun banyak yang merasa kurang puas dengan tampilan dan accessibility yang disediakan.

Akhirnya, banyak imigran yang masih setengah-setengah dan ragu menjalankan Linux. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna Linux yang masih memilih dual boot Windows dan Linux, selain itu, masih banyak pula imigran Linux yang tetap menggunakan software bajakan dengan bantuan software Wine. Dan, masalah software office suite juga menjadi salah satu alasannya.

Berdasarkan pengamatan saya, ternyata belum banyak pengguna Linux yang mengetahui software Office suite alternatif yang bagus untuk Linux, terutama bagi imigran yang masih belum lama menginstall Linux. Kata WPS Office masih terdengar asing di telinga pengguna Linux. Padahal, jika Anda menginstall software ini, saya yakin, masalah office suite bukan lagi menjadi hambatan untuk bermigrasi ke Linux. Selain karena tampilannya relatif mirip Microsoft Office, fitur yang disediakanpun tidak kalah dengan Microsoft Office.





Perlu diketahui juga, WPS Office dapat diinstall di berbagai sistem operasi, seperti Android, IOS, Windows dan Linux. Dan tentunya, semuanya bisa diperoleh secara gratis :)
Jadi, jika hari ini belum menginstall WPS Office, Kenapa tidak menginstall sekarang? :)

http://www.wps.com/linux/

Load disqus comments

0 comments