Senin, 12 Mei 2014

Mengatasi "Windows Found Driver Software For Your Device But ..."


Sebelum saya menulis postingan ini, saya pernah 3 kali mendapatkan masalah serupa. Rata - rata masalah ini terjadi saat kita mencoba memasukkan flashdisk ke port, tapi tidak bisa menginstall otomatis seperti biasanya. Sepertinya hal ini juga akan terjadi kegagalan saat mencoba menginstall driver perangkat lain.









Dulunya, saya belum bisa mengatasi masalah ini, karena dari berbagai situs yang saya buka, tidak ada satu cara pun yang berhasil mengatasi permasalahan ini.
Betapa kagetnya saya ketika saya mendapati masalah ini muncul saat pengalaman pertama saya menjadi tukang reparasi software komputer. ehehe :D
Awalnya, saya iseng-iseng posting iklan di berniaga.com, beberapa hari kemudian, saya bahagia sekali karena ada juga yang ingin mencoba menyerahkan mandat untuk menginstall ulang kepada saya :D
Saya hanya membayangkan proses install ulang hanya akan berjalan dengan klik next dan tekan enter, tapi ternyata saya salah. Ternyata yang punya komputer(atau bahasa gaulnya klien) mengeluhkan masalah driver scanner yang tidak bisa terinstall dengan benar. Padahal si klien ini sudah pergi memeriksakan komputernya ke beberapa tabib komputer, tapi si tabib memvonis bahwa  masalahnya terdapat pada sistem, dan harus segera install ulang. Waduh, saya mulai deg-deg-an...
Dan yang membuat saya tambah bingung lagi, flashdisk yang saya tancapkan, tidak terinstall secara otomatis :(

Saya mencoba membuka device manager dan mengupdate drivernya, tapi muncul pesan seperti ini:
"Windows Found Driver Software For Your Device But ...... Access Denied"


Saya bingung sekali. mau install ulang, tapi banyak data dan software penting di dalamnya, mau saya utak atik, tapi bingung mulai dari mana? hmmm :-\
Untungnya, si klien punya koneksi internet. hehehe, bisa di manfaatin nih. Tapi, apa daya, rupanya usaha saya nihil :o
 
Saya coba:
1. Buka cmd, ketik "sfc /scannow". FAIL
2. Uninstall driver, lalu install kembali. FAIL
3. Utak-atik registry. FAIL
4. Aktifkan-matikan UAC. NO EFFECTS. FAIL
5. Check Windows Update. FAIL
6. dst....


Tiba-tiba ingat kedua orang tua saya. "Oh, begini toh, susahnya cari duit" :'(

Akhirnya saya memutuskan untuk meminta izin klien untuk melakukan install ulang. Tapi, di tengah proses, tiba-tiba saya tertarik dengan tombol "Repair your Computer", saya iseng klik "System Restore", Dan ternyata, Windows memberitahukan saya bahwa ada beberapa aktivitas backup otomatis. Dan untungnya lagi, setelah saya lihat-lihat hanya ada sedikit software yang akan terhapus setelah proses ini, saya coba nekat, dan ternyata apa yang terjadi?

Yes, berhasil :D
Flashdisk yang saya tancap terdeteksi dan drivernya terinstall otomatis. Dan, entah kenapa scanner tiba-tiba ikut bekerja normal dengan sendirinya :D
Alhamdulillah :D

Yeah, bayaran :v

So, intinya cara paling efektif untuk mengatasi "Windows Found Driver Software For Your Device But ..." adalah dengan me-restore system. Memang sih, beberapa software akan hilang, tapi ini sudah merupakan suatu resiko..
Agar kita terhindar dari permasalahan ini, kita bisa menjadwalkan pembuatan system restore point secara teratur. Sehingga saat kita perlu me-restore system, kita tidak harus kehilangan banyak software dan data :)
Load disqus comments

4 comments