Kamis, 22 Mei 2014

Mengatasi Kapasitas Flashdisk Menyusut Secara Tiba - Tiba

Pernahkah anda memiliki flashdisk berspace besar. Dan entah mengapa, tiba-tiba menyusut menjadi space lebih kecil?
Jangan kawatir. ini bukan berarti flashdisk yang kita beli palsu atau bajakan. Hal ini terjadi karena suatu hal tertentu membuat sebagian space dari flashdisk kita keluar dari bagian alokasi, bisa terjadi karena kecelakaan atau salah klik. Sampai saat ini saya belum tahu penyebab persisnya, tapi saya sudahtahu bagaimana mengatasi unallocated space pada flashdisk seperti ini.
Beberapa bulan yang lalu saya sempat membeli sebuah flashdisk berukuran 8 GB. Saya tergiur dengan harganya yang relatif murah. Cukup dengan 50 ribu saya mendapatkan flashdisk 8 GB, padahal harga normalnya mungkin berkisar 100 ribuan :D
Rencananya saya memakai flashdisk ini untuk mencoba menginstall beberapa distro linux ke USB, jadi flashdisk ini sering diformat. Belum genap 1 bulan, saya terkejut ketika mengetahui ukuran flashdisk saya tiba-tiba menyusut menjadi 4 GB! What the hell??? -_-
Saya sama sekali tidak merasa heran, mungkin flashdisk ini hanyalah flashdisk 4 GB biasa yang disulap oleh master komputer menjadi "terlihat seperti 8 GB". Yah, bisa ditebak dengan melihat harganya... :v
Tetapi ternyata saya salah, tebakan saya meleset. Setelah beberapa bulan saya menghiraukan hal ini, saya melihat ada yang aneh terjadi pada disk saya, seperti ini:

(Screenshot dari Google. Saya lupa mengambil screenshot sebelum diperbaiki)

Ok,langung saja saya jelaskan langkah-langkah menyatukan kembaliunallocated space ke bagian flashdisk yang telah teralokasi.
1. Backup data dari flashdisk ke komputer. Ini diperlukan karena kita harus melakukan format pada flashdisk.
2. Buka command prompt (cmd), jalankan sebagai administrator

3. Ketikkan perintah "diskpart"
4. Ketikkan perintah "list disk". Lalu akan muncul beberapa disk yang terpasang dalam komputer.
5. Ketikkan perintah "select x". Yang mana, x adalah nama nama disk flashdisk kita pada daftar.
6. Ketikkan perintah "clean". Perintah ini digunakan untuk menghapus informasi partisi pada flashdisk.
7. Ketikkan perintah "create partition primary". Setelah informasi partisi yang salah terhapus, kita buat informasi partisi baru yang benar dengan perintah ini. Jika berhasil akan muncul seperti ini:

8. Ketikkan perintah "exit"
9. Format flashdisk dan selesai.

*) Berikut secreenshot langkah lengkap mulai awal hingga akhir:

Setelah mengikuti beberapa langkah tersebut, insyaallah ukuran flashdisk anda akan kembali ke ukuran sebenarnya. Heheheh
Load disqus comments

3 comments