Sabtu, 12 April 2014

Analisa Dampak Negatif Penggunaan RAD Tool

Programmer pemula, sejak dari awal sudah dibiasakan untuk memakai RAD Tool (Rapid Aplication Development Tool), seperti Visual Studio dan Delphi. Memang benar bahwa RAD tools dapat mempermudah dan mempercepat pengembangan program, akan tetapi rupanya hal ini memiliki beberapa dampak negatif, dintaranya adalah:
1. Software bajakan
Karena pada umumnya RAD Tools bersifat komersial, tidak heran jika banyak versinya yang beredar ilegal di internet. Hal ini karena mungkin pengguna tidak mampu menjangkau harga software atau hanya bermaksud mencoba-coba tapi tak ada modal.
2. Masalah aplikasi low-level
Contoh sederhana adalah Indonesia, rata-rata programmernya sudah menggunakan RAD tools. Berdasarkan pengamatan penulis, mereka akan merasa kesulitan atau malas saat menemukan bahwa beberapa program tidak bisa dibuat dengan RAD tools, misalnya membuat program non-standar, library, driver, sistem, dll. Itulah mengapa di Indonesia jarang ditemukan aplikasi untuk linux, itu karena di Linux sulit mencari RAD tool. Bedakan dengan program buatan luar yang melimpah.
3. Kesulitan Baru
Syntax yang digunakan RAD tool umumnya mengalami beberapa perubahan dari bahasa aslinya, walaupun hanya sedikit, tapi ini akan membuat programmer sulit beradaptasi dengan lingkungan baru tanpa RAD tool. Kesulitan lainnya seperti saat kita membuat aplikasi dengan Microsoft Visual Studio. Mau tak mau aplikasi yang telah dibuat harus menyertakan .NET dengan versi yang sama, untuk dapat berjalan di komputer pengguna.
4. Kurang Portable
Beberapa aplikasi yang dibuat hampir tidak mungkin untuk di-port ke sistem operasi lain. Pengcualian untuk RAD Tools Lazarus untuk bahasa pemrograman Pascal. Selain gratis program ini juga mampu membuat aplikasi untuk sebagian besar sistem operasi.
5. Masalah Ukuran Program
Berdasarkan analisa penulis, program yang dibuat dengan RAD tools dihasilkan 2 kemungkinan, 1)Uuran lebih kecil. biasanya program mengharuskan penggunanya menginstall framework, misalnya .NET. 2)Ukuran lebih besar. Ada pula yang kebalikannya, program mampu berjalan tanpa framework, namun ukuran program sangat besar.

Itulah beberapa dampak negatif dari penggunaan RAD tools. Meskipun pengembangan aplikasi lebih mudah, jangan pernah melupakan poin-poin penting diatas, karena kemajuan dan perkembangan teknologi dan programming di Indonesia bergantung pada programmernya. hehehe :D
Sekian dari saya, terimakasih :)
Load disqus comments

0 comments