Jumat, 23 Desember 2016

Bagaimana Cara Prosesor dan Hardware Berkomunikasi?

Prosesor adalah pusat dari aktivitas komputer, dimana semua data diproses sedemikian rupa. Data yang perlu diproses oleh prosesor berasal dari salah satu peripheral device yang berperan sebagai input, misalnya keyboard, mouse dan camera. Hasil dari proses kemudian diteruskan ke salah satu peripheral deice yang berperan sebagai output. Ada banyak peripheral device yang terhubung oleh komputer, alur berjalannya data diatur oleh komputer namun, alamat tujuan/sumber device tetap diatur oleh program.

Karena ada banyak device yang terhubung dengan satu buah prosesor, diperlukan sebuah metode untuk mengatur ke alamat device manakah data harus di transfer. Oleh karena itu, komunikai data yang terjadi pada komputer secara abstrak dilakukan melalui system bus. System bus terdiri atas 3 macam sirkuit:
1. Address bus
2. Data bus
3. Control bus
system bus

Saat terjadi transaksi data dari komputer, prosesor mengirimkan data tersebut melalui data bus. Alamat tujuan data tersebut ditentukan oleh address bus. Dan, control bus akan menunjukkan sinyal dari prosesor bahwa ia perlu mengirim data. Saat ketiga jenis data ini terkirim, setiap device akan memeriksa apakah alamat yang dimaksud oleh prosesor tersebut adalah alamat yang tergolong dalam wilayah areanya atau bukan. Jika ia, maka ia akan mengambil data dari data bus dan menyimpannya pada memori internal yang sudah ditugaskan untuk menyimpan data pada alamatnya masing-massing.

Sementara itu, pembacaan data dari device tidak jauh berbeda. Transaksi dimulai dengan mengirim alamat sumber dan sinyal control bus untuk memulai tranaksi pembacaan data. Setelah alamat diketahui oleh salah satu device yang sesuai, ia akan mengirim data yang diminta ke data bus.

Ilustrasinya bisa dilihat pada gambar berikut.
Address bus ditujukkan oleh pin berlabel Addr x, Data bus terlihat berlabel Data x. Sedangkan Control bus terdiri atas IOR(I/O Read), IOW(I/O Write), MEMR dan MEMW. Contoh ini adalah contoh bus 8-bit, komputer sekarang kebanyakan memiliki lebar bus 32 bit atau 64-bit, jadi jelas lebih banyak dari ini.

Load disqus comments

0 comments