Senin, 21 Desember 2015

Inilah Mengapa Linux Aman dari Virus


Keamanan adalah yang yang terpenting dalam penggunaan komputer. Sistem operasi bukan hanya harus menyediakan layanan prima dan aman, tapi ia juga wajib menjamin keamanan untuk menghindari ancaman dari luar. Salah satu ancaman yang paling sering ditemukan di sistem operasi adalah ancaman dari serangan virus.

Dari sini, timbul sebuah tanda tanya besar, mengapa sebagian besar virus menyerang Windows? Bukan Mac, Ubuntu, Debian, atau yang lain? Inilah jawabannya.

Privilege
Linux memperhatikan betul bagian-bagian penting dalam sistem. Setiap file memiliki atribut yang menentukan siapa saja yang berhak mengakses, memodifikasi dan menghapusnya, jadi tidak sembarang program dapat merusak sistem. Windows sebenarnya juga menerapkan sistem privilege lebih ketat, terutama setelah filesystem NTFS dibuat. Masalahnya, filesystem FAT yang tidak mendukung penerapan atribut file juga masih banyak digunakan.

Executable bit
Filesystem FAT masih menjadi filesystem yang digunakan pada sebagian besar flash disk. Selanjutnya fakta ini memberikan nilai tambah pada untuk sistem Linux. Program yang akan dijalankan pada sistem Linux harus memiliki atribut executable bit, sedangkan kita tahu bahwa FAT tidak mendukung penggunaan atribut, bahkan NTFS sendiri tidak menyediakan atribut executable bit untuk Linux, karena memang desainnya dikhususkan untuk Windows.

Diversitas Sistem
Sistem Linux memiliki varian yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari Debian, Ubuntu, Mint, Slax, hingga Tiny Core Linux. Varian-varian tersebut memiliki subsistem yang berbeda dan standarisasinya pun tidak ada. Jadi setiap pengembang bebas mendesain sistemnya seperti yang dia inginkan. Semua Windows dapat menjalankan program saat startup melalui informasi registry dan semua versi Windows semikian. Hal ini berbeda dengan Linux, berbeda varian bisa jadi memiliki cara tersendiri untuk membuat program berjalan otomatis saat startup.
Contoh lain, jika kita membuka My Computer pasti kita menemukan beberapa drive letter, antara A - Z. Tapi di Linux tidak. beberapa sistem melakukan mount disk di folder /mnt, lalu beberapa varian yang lain sering kali ditemukan melakukan hal yang berbeda.

Autorun
Sebagian besar cara penyebaran yang efektif bagi virus adalah autorun. Sistem linux sama sekali tidak tahu apa itu autorun.inf, ia akan memperlakukannya seperti file biasa. Bahkan jika anda mau, anda boleh mencoba double-click program virus dalam flashdisk tersebut secara langsung. :p

Programmer yang Baik
Tahukah Anda, Kernel linux, beserta program-program di dalamnya 99%(perkiraan saja) merupakan buatan programmer sukarela, mereka tidak mengharapkan imbalan sepeserpun. Bisa jadi sebagian besar pengguna Linux adalah kontributor yang mengembangkan beberapa program untuk sistem Linux.

Pasar Sistem Operasi
Diantara sekian banyak sistem operasi yang ada di dunia, Windows sampai saat ini masih mendominasi di urutan pertama. jenis perangkat lunak yang digunakan sebagian besar sama, jadi ini sangat potensian untuk perkembangan virus.

Itulah beberapa alasan yang saya tulis berdasarkan perspektif saya sendiri. Tentunya dengan pengamatan dari fakta yang ada, bukan sekedar ngawur. Namun tentunya dalam penulisan ini masih banyak ditemukan salah kata. Jadi saya akan mencoba terbuka menerima masukan dari anda.
Load disqus comments

0 comments