Selasa, 22 Desember 2015

Cara Mengatasi File sources.list yang Terhapus atau Malformed


Sudah beberapa hari ini saya dibuat pusing oleh tugas laporan. Eh, rupanya itu bukan satu-satunya garam yang harus saya telan mentah-mentah di minggu ini. Rupanya package manager Ubuntu saya mengalami sedikit masalah. Kemarin hari, saya menghapus beberapa file tak penting di sistem saya. Saya sedikit ngawur, antara terburu-buru dan terpaksa. Saya menginstall ubuntu saya di Flashdisk sebagai LiveUSB, dengan bantuan file casper-rw sebesar 1 GB. Sebuah ukuran yang cukup besar, namun dengan ukuran seperti itu saya sering mendapati low disk space saat keadaan genting. Itulah akar dari  masalah yang sedang saya alami.

Saya mulai merasakannya ketika hendak mencoba menginstall aplikasi, tapi tidak ditemukan. Jadi saya coba mengupdate apt.
root@it:/home/it# apt-get update
E: Type 'count=1/>' is not known on line 1 in source list /etc/apt/sources.list
E: The list of sources could not be read.


Singkat cerita, saya mencari tahu ke berbagai situs. Tapi saya kurang dapat menangkap apa permasalahan yang sedang saya alami. Lama kelamaan saya tahu, intinya file /etc/apt/sources.list mengalami malformed, jadi harus diganti. Tapi dimana saya harus mendapatkan pengganti yang tepat?

Teman saya, jarang ada yang pakai sistem GNU/Linux, pun kalau ada, itu teman dunia maya. Apa harus saya tanya satu persatu? Kalaupun ada yang tepat, saya belum yakin cara ini akan berhasil.

Saya akhirnya mencoba mengetikkan keyword "ubuntu 14.04 apt source.list" di Google. Di bagian yang atas, saya menemukan hasil sebuah judul sebuah situs yang agaknya menarik perhatian saya, Ubuntu Sources List Generator.

Caranya sangat mudah, bahkan kita bisa menambahkan beberapa diantara banyak pilihan 3rd parties yang telah disediakan.

Setelah memilih repo, klik Generate List. Maka kita bisa memilih daftar repo default atau daftar repo yang baru saja kita pilih secara bebas. Terakhir, kita hanya perlu menyalin kode itu ke dalam file /etc/apt/sources.list

Ada cara yang lebih mudah, yaitu copy paste command yang tertera diatas kode yang telah di-generate, paste ke terminal dan jalankan. Bentuk kodenya semacam ini.

curl https://repogen.simplylinux.ch/txt/synaptic_de621757bd6034e918084b63f5c88083c7156982.txt | sudo tee /etc/apt/sources.list

Ya, jangan tanya hasilnya. Karena tentu saja akan bilang, sangat memuaskan. :D
Load disqus comments

2 comments