Selasa, 17 Maret 2015

GTK Programming : Tipe Variabel Dasar GLib

GTK dibangun dengan mengimplementasikan GLib. Sehingga banyak tipe data yang mengikuti standar dari GLib. Pada dasarnya semua tipe data tersebut merupakan tipe data standar bahasa C yang didefinisikan sesuai konvensi GLib. Sederhananya, hampir semua tipe dasar GLib sama seperti fungsi standar C dengan tambahan karakter “g” di awal dan menyingkat keyword “unsigned” dengan karakter “u”.

Berikut ini adalah daftar lengkap tipe dasar GLib dan persamaannya dengan tipe standar yang biasa diimplementasikan pada bahasa C.



Tipe GLib
Tipe C
Tipe GLib
Tipe C
gboolean
int
gint16
signed short
gpointer
void*
guint16
unsigned short
gconstpointer
const void*
gint32
signed int
gchar
char
guint32
unsigned int
guchar
unsigned char
gint64
signed long
gint
int
guint64
unsigned long
guint
unsigned int
gfloat
float
gshort
short
gdouble
double
gushort
unsigned short
gsize
unsigned long
glong
long
gssize
signed long
gulong
unsigned long
goffset
unsigned long
gint8
signed char
gintptr
signed int
guint8
unsigned char
guintptr
unsigned int


Banyak tipe GLib yang memiliki kesamaan tipe dasar C, misalnya gsize dan gulong. Walaupun begitu, GLib tidak menggunakan tipe-tipe tersebut secara sembarangan. Misalnya tipe gulong digunakan untuk menampung data umum, sementara itu gsize lebih direkomendasikan untuk menyimpan ukuran suatu data dalam byte. Tipe gboolean merupakan definisi lain dari tipe int. Kita tahum tipe int dapat menampung data beragam, tapi penggunaan gboolean lebih direkomendasikan untuk menampung angka 0 atau 1 saja. Tipe gint8, guint8, dan lainnya juga demikian. Pada dasarnya kelompok tipe ini sama seperti tipe gint, guint dan lainnya. Bedanya fungsi gint dan lainnya dapat dipakai untuk menampung data umum, sementara guint8 dan lainnya direkomendasikan untuk menampung data yang erat kaitannya dengan pehitungan matematis.

Perbedaan penggunaan setiap tipe data tadi hanyalah rekomendasi. Jika anda tahu bahwa antara kedua tipe memiiliki kesamaan, anda bebas untuk menggunakan salah satu diantaranya. Bahkan anda juga boleh menggunakan tipe standar C saja.
Load disqus comments

0 comments