Jumat, 06 Desember 2013

3 Robot Humanoid Paling Pintar

Di masa depan banyak diceritakan dunia dikuasai oleh robot. Sepertinya hal itu terlalu khayal untuk dipikirkan. Tapi, bukan berarti tidak mungkin, mengingat sekarang ini juga banyak robot canggih yang diberitakan memiliki fitur-fitur canggih, bahkan mirip seperti manusia. Robot yang demikian disebut humanoid.
Adapun, robot-robot humanoid yang sekarang ini banyak dikenal dunia antara lain.
 
1. ASIMO
ASIMO merupakan kepanjangan dari Advanced Step in Innovative MObility. ASIMO adalah salah satu robot humanoid(menyerupai manusia) yang dikembangkan oleh Honda. Robot ini mulai dikenalkan sejak 21 Oktober 2000, dengan maksud untuk menjadikan robot multifungsi. Robot ini diciptakan dengan tinggi 130 cm dan berat 54 kg.


Pada Asimo model tahun 2000an, Honda telah menambahkan banyak fitur yang memungkinkan Asimo dapat berinteraksi lebih baik dengan manusia. Fitur-fitur ini termasuk dalam 5 kategori:
1. Pengenalan benda bergerak
2. Pengenalan postur dan gerak
3. Pengenalan lingkungan
4. Membedakan suara
5. Pengenalan wajah


2. Nao
Nao (diucapkan seperti membaca kata 'now'), adalah salah satu robot humanoid yang dikembangkan oleh Aldebaran Robotic dengan bahasa pemrograman C++, Python, Java, MATLAB, Urbi, C dan .Net. Proyek pengembangan robot ini dimulai sejak tahun 2004 dan mulai dikenal publik pada tahun 2011 lalu. Didalam tubuh Nao dengan tinggi 58 cm dan berat 4,3 kg terdapat prosesor Intel Atom 1.6 GHz dengan sistem operasi Linux.


Nao juga memiliki fitur sistem multimedia yang powerful, termasuk empat mikrophone, dua speaker dan dua kamera CMOS, empat sintesis text-to-speech, lokalisasi suara dan pengenalan wajah dan bentuk, dan variasi kemampuan lainnya. Bahkan, kabarnya Nao sekarang bisa berbicara dalam 19 bahasa.


3. HRP-4C
HRP-4C, adalah robot humanoid yang diciptakan oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST).
HRP-4C atau yang disebut dengan panggilan "Miim" ini terhitung memiliki tinggi 158 cm dan berat 43 kg.
Miim dapat berjalan layaknya manusia dengan menggerakkan 30 buah motor di dalamnya. Miim juga dapat merespon dan mengeja kata dengan software speech recognition, Selain itu Miim jugta bisa menyanyi juga lho. wow :D
Software yang menggerakkan robot dikembangkan dengan Open Robotics Platform (OpenRTP), OpenRTM-aist dan OpenHRP3.


Dalam demonstrasi publik yang diadakan pada 16 Maret 2009, HRP-4C dapat menunjukkan mimik wajah dan melakukan pergerakan kepala.

WOW, luar biasa bukan? sekarang bagaimana pendapat anda tentang masa depan? mari kita tunggu saja... ;)
Load disqus comments

0 comments