Kamis, 29 Desember 2016

Masih Ragu Pakai Linux? Kurang Apa? Aplikasi Ini Buat Kamu Mantap Pakai Linux

Saya tidak heran, kenapa banyak orang masih ragu pakai Linux. Apalagi mereka yang setiap hari dibebani tugas kantor; mengetik laporan, desain iklan, dan sebagainya. Ya, saya akui, aplikasi Linux memang belum begitu lengkap dan bagus jika dibandingkan dengan empunya Wid*ws dan M*c. But, If you know these, you'll love it. :D

Meski dalam aplikasi, linux masih kalah; setidaknya Linux unggul dalam banyak hal:
- Free. udah gitu open source lagi. Insya Allah, jauh dari software bajakan. Ingat dosa, dong.
- Customizable. Jangan kawatir, jika kamu tidak suka tampilan linux, baik dari segi ikon, tema ataupun sembarangnya. Linux selalu menjawab kekurangan ini untuk kamu. Iya, kamu. Ada banyak icon pack dan tema lingkungan desktop yang bisa kamu pilih dan install. Bukan sampai disitu, kamu juga bisa mengganti windows manager sampai dengan desktop environment.



Aman. Tidak heran lagi, di linux semua virus gak bakalan mempan. Seumur-umur pakai linux, saya belum pernah lho sekalipun terserang virus. Bahkan, saya berani membuka virus di Windows dengan tangan dan mouse saya sendiri. -- Sambil melet, dan bilang 'week.. gak mempan'.
- Mudah di atur dan gak suka main di belakang. Saya jamin, Linux tidak akan pernah mencuri data pribadi anda, memaksa update dan menjalankan program yang tidak anda butuhkan. Jika memang ada, kita bisa mengaturnya dengan mudah, dan linux tak akan melakukannya kembali.

Jika masih belum yakin, ini aplikasi yang bakal merubah jalan pikiran agan.
1. Wine
Jika sulit move on, jalankan aplikasi Windows kesayanganmu dengan Wine. Aplikasinya tidak akan terlihat seperti jalan di emulator. Bahkan tampilannya mirip seperti berjalan di Windows. Winde menggunakan teknologi virtualisasi, jadi jangan takut aplikasinya lambat. Wine bukan cuma sekedar emulator gan.

2. Shashlik
Jika susah mengejanya cukup ingat ingat shampoo Sunsilk gan. hehe. Hampir seperti Wine. Shashlik adalah program untuk mengemulasikan program Android. Program android yang anda jalankan akan terlihat seperti program biasa bagi Linux.

3. Emulator untuk berbagai macam device dan aplikasi.
Jika aplikasi dari 2 raja aplikasi (Windows dan Android), masih belum cukup, aplikasi emulator di Linux bisa anda gunakan. Misalnya QEMU, untuk emulasi sistem operasi yang biasanya berjalan pada prosesor x86, ARM, MIPS, SPARC, ...; FCEUX untuk menjalankan game nintendo; DESMUME, untuk menjalankan game nintendo DS; Dan masih banyak lagi, hampir semua jenis game dari platform lain bisa dijalankan di Linux. Apa di Windows tidak ada? Ada, tapi coba survei di situsnya. Sebagian besar, awalnya dikembangkan untuk Linux saja, lho.

Ada banyaaaak lagi aplikasi yang masih bisa kamu jalankan di Linux.  Penasaran kan seperti apa kerennya? Yuk, migrasi ke Linux.
NB :
- Jika masih ragu, dual boot Windows dan Linux adalah pilihan yang tepat.
- Saya rekomendasikan pengguna baru untuk install Linux Ubuntu atau OpenSuSE.

Load disqus comments

0 comments