Minggu, 18 Desember 2016

Pengaruh Sitelinks Terhadap Trafik Website

Belum lama saya terjun di bidang SEO untuk memperhatikan bagaimana sebenarnya SEO membantu saya. Semua berawal dari sebuah pertanyaan sederhana: Bagaimana menempatkan situs saja di urutan paling depan dari hasil pencarian Google?

Ya, saya akui, SEO itu sulit, saya menyadari SEO bukan hanya tentang mencari muka kepada Google. Mungkin SEO juga adalah seni, dan juga sebuah bentuk keihlasan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pengunjung kita.

SEO hanyalah bagian kecil dari lingkup website. Tapi, kecil-kecil pun cabe rawit. Ada banyak sekali yang haru dipelajari disini. Sampai sekarang, saya belum berani mengatakan bahwa saya adalah pakar SEO yang ahli di bidang ini. Saya hanyalah blogger biasa, ya. Tapi, izinkanlah saya sedikit share tentang pengalaman saya mengoptimalisasikan SEO dengan cara mengundang sitelinks dari Google.


Dari keseluruhan aktivitas optimalisasi yang telah saya lakukan, saya banyak fokus mengembangkan struktur data markup Event pada situs saya. Untuk melakukannya, saya mencari beberapa tutorial dari google dan mengikuti arahan spesifikasi dari schema.org tentang struktur data Event.

http://schema.org/Event

Awalnya saya kesulitan, karena ada banyak hal baru yang harus dipelajari. Dari struktur data yang telah saya ciptakan, hampir 50% diantaranya terjadi error. Untungnya sekarang sudah tidak lagi.

Jika anda coba mengunjungi www.lomba.asia, coba lihat kode sumber halaman. Anda akan melihat beberapa keyword kode yang seperti terlihat tak penting. Namun, justru itulah yang membuat google lebih mudah mengenal situs tersebut.




Setelah kesalahan dapat diminimalisir, saya tidak berkata mendapatkan sitelinks itu mudah. Mungkin juga sitelinks adalah keberuntungan atau hanyalah sebagai bonus untuk ketelatenan kita mengatur struktur data website. hehehe






Sitelinks mulai terdeteksi pada tanggal antara 13 dan 15 Desember lalu. Entah pengaruhnya bagaimana, sitelinks dapat sedikit menaikkan trafik hingga sekian puluh persen dari trafik normal semula.

Kesimpulannya, segera terapkan struktur data pada situs anda. Tunggu beberapa waktu hingga Google mengenali struktur data tersebut. Dijamin, anda tidak akan menyesal. Karena jika struktur data untuk sitelinks sudah diterima Google, trafik situs anda akan semakin cepat untuk segera meningkat. Hmm, paling tidak, 10% lah...
Load disqus comments

0 comments