Jumat, 29 Mei 2015

Cara Install Codelite Versi Terbaru di Ubuntu


Sebelum saya menulis postingan ini saya mencoba mengembangkan program cross-platform berbasis GTK untuk Windows dan Linux. Rencananya, saya juga akan menulis buku tentang pemrograman aplikasi GUI cross platform dengan GTK. Codeblocks adalah IDE yang paling sering saya gunakan saat ini. Alasan saya memilih codeblocks, tntu saja karena ini crossplatform, cocok dengan tema buku yang akan saya tulis.

Karena sudah cukup lama menggunakan Codeblocks, saya merasa sudah terbiasa koding di lingkungan IDE dengan tampilan yang sederhana seperti ini. Saya sebelumnya juga pernah menggunakan Codelite. Tampilannya menurut saya lebih bagus. Tapi saya ingat, dulu saya pernah kesulitan mengatur project settings untuk program yang akan saya buat. Tiba-tiba saja saya ingin mencoba lagi Codelite ini, mungkin saya bisa melakukan sesuatu untuk mempermudah konfigurasi project.

Yah, saya tidak menyesal. Saya kira Codelite tidak memiliki template untuk GTK+ 3, tapi sepertinya Codelite yang sekarang ini saya coba sangat memuaskan hati saya :) Konfigurasinya lumayan mudah bagi saya, tampilannya juga lebih menarik.

Tanpa pikir panjang saya segera merestart laptop sya, lalu mengupdate Codelite yang ada di Ubuntu. Hmm, tapi ada yang aneh, versi Codelite paling baru di Ubuntu adalah versi 2?

Tanpa pikir panjang, saya segera berkonsultasi dengan mbah Google. Dan berikut ini ulasannya:

  • Pertama, jika sudah menginstall versi lawas, kita harus menghapusnya terlebih dulu. sudo apt-get purge codelite codelite-plugins
  • Tambahkan public key codelite. sudo apt-key adv --fetch-keys http://repos.codelite.org/CodeLite.asc
  • Tambah repository Codelite. sudo apt-add-repository "deb http://repos.codelite.org/ubuntu/ $(lsb_release -sc) universe"
  • Update package list. sudo apt-get update
  • Install versi barunya. sudo apt-get install codelite

Dan akhirnya.... :)



Selamat mencoba :)
Load disqus comments

0 comments