Sabtu, 19 Juli 2014

Pendapat Salah Tentang Kelebihan Bahasa Assembly


Banyak yang beranggapan bahwa di balik kesulitan bahasa assembly, terdapat banyak kelebihan yang tidak dapat diperoleh di bahasa pemrograman tingkat tinggi. Akan tetapi, rupanya pendapat ini tidak memiliki bukti yang kuat. Kelebihan - kelebihan tersebut antara lain:

Ukuran proram lebih kecil
Sebenarnya belum tentu juga. Dalam assembly, ukuran besar kecilnya program tergantung pada seberapa kuat pemahaman programmer dalam memilih instruksi dan metode yang paling efisien.

Program lebih cepat
Poin ini juga hamper sama dengan poin pertama, karena cepat-tidaknya program dipengaruhi oleh ukuran program. Terkadang, dalam tingkat program yang sudah kompleks, akan sulit sekali memilih instruksi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan program.

Penggunaan Instruksi Tidak Terbatas

Prosesor umumnya mendukung puluhan instruksi, akan tetapi umumnya hanya digunakan sebagian saja oleh compiler Bahasa pemrograman tingkat tinggi. Poin ini boleh dikatakan benar, tapi untuk pemrograman program biasa, pernyataan poin ini kuran tepat, karena ada pula instruksi yang hanya dieksekusi oleh program yang berjalan pada system space, seperti driver dan kernel sistem operasi.

Semua pernyataan yang sudah kita dengar sebelumnya memang benar, tapi jika kita tahu latar belakang pernyataan tersebut kita akan tahu bahwa tidak sepenuhnya pernyataan itu benar.
Load disqus comments

0 comments