Rabu, 16 Oktober 2013

Source Code Adobe Photoshop 1.0.7 Gratis


Mungkin berita ini sudah agak terasa basi, tapi lumayan lah buat sekedar isi konten blog. Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu bahwa pada bulan Februari lalu Adobe System Inc. telah mendonasikan source code Adob Photoshop versi 1.0.7 kepada Computer History Museum.

Source code Adobe Photoshop 1.0.1 sekarang tersedia bebas untuk didownload setelah 13 tahun dirilis. Source ini telah disimpan pada Computer History Museum dan bebas didownload untuk tujuan edukasi. Computer History Museum ini sendiri adalah sebuah museum yang menyimpan dan mendokumentasikan teknologi-teknologi komputer dari masa ke masa. Museum ini sudah ada sejak 1996 di Mountain View, California, USA.Kembali lagi ke topik bahasan sebelumnya.

Computer History Museum menyatakan bahwa Adobe Systems Inc. telah mengizinkan Computer History Museum untuk menyebarluaskan source code Adobe Photoshop 1.0.1 untuk keperluan non-komersil.

Semua kode bebas dipublikasikan (kecuali MacApp applications library yang lisensinya dipegang oleh Apple). Dalam source ini terdapat 179 ource code, di pack dalam arsip ZIP, dengan jumlah baris kode sebanyak 128,000 baris. Sekitar 75 % dari file adalah source code yang ditulis dengan bahasa Pascal, dan sekitar 15 % lainnya adalah source code yang ditulis dengan bahasa assembly untuk prosesor 68000 dan sisanya terdiri dari file-file non-code.

Tentu ini harus menjadi catatan Adobe Photoshop 1.0.1masih mempunyai kekurangan jika dibandingkan dengan versi terbaru yang sudah banyak beredar sekarang ini. Tapi ini adalah satu-satunya kesempatan untuk mendapatkan source code secara gratis untuk keperluan edukasi atau penelitian lebih lanjut tentang software image processor. :)

Silahkan klik icon dibawah ini untuk mulau mendownload source :

*) Tunggu beberapa detik, hingga muncul button "skip" di pojok kanan atas. Klik, lalu anda akan diarahkan pada download page. Untuk mendownload, scroll ke bawah dan pilih "I ACCEPT" untuk memulai.
Load disqus comments

0 comments