Meski emoji tidak bisa menaikkan ranking halaman blog di search engine, emoji bisa bekeja seperti magnet untuk menarik pengunjung-pengunjung baru anda. Apalagi, saat ini ternyata masih sedikit sekali yang menggunakan emoji di bagian judul dan deskripsi blog mereka. Ini adalah peluang yang sangat bagus. Dengan memasang emoji, situs anda akan terlihat mencolok di daftar hasil pencarian. Meski bukan 3 besar, saya yakin kali ini pengunjung baru mulai melirik.
Sebenarnya, pada Juni 2015 lalu, Google sudah mantap untuk menghapus emoji di hasil pencarian. Namun, baru-baru ini rupanya mereka berubah pikiran.
Sayangnya, sepertinya metode untuk menarik perhatian melalui emoji ini harus terhalang oleh mekanisme algoritma Google Panda. Pada awalnya, Google memang sengaja menonaktifkan hasil pencarian yang tampak emoji, karena dikawatirkan oleh adanya unsur penipuan. Sehingga, kali ini Google membawa emoji kembali dengan algoritma baru Google Panda.
Sesuai algoritma tersebut; misalnya, jika kita mengetik Google Panda Update, kita tidak akan melihat emoji apapun. Padahal salah satu situs tersebut ada yg memakai emoji panda. Namun, apabila kita mengetik Google Panda Emoji, serangkaian hasil penelusuran akan menunjukkan cukup banyak situs yang memakai emoji.
Meski begitu, tidak ada salahnya jika sesekali menggunakan emoji di judul artikel, karena masih ada banyak peluang untuk masuk di hasil pencarian Google dengan emoji yang tampil manis di judul artikel anda.
Contohnya, setelah posting artikel ini, saya coba lihat dengan kata kunci seperti judul artikel. Memang tampil, tapi saat ini masih belum tahu apakah hasil dengan emoji juga akan muncul di hasil pencarian biasa (selain G+)
0 comments